Pramugari Garuda Indonesia
Pramugari

Untuk menjadi seorang pramugari disebuah maskapai penerbangan bisa dikatakan tidak mudah, akan melewati tahapan-tahapan yang berbeda-beda tergantung dari maskapai yang mengadakan perekrutan. Bahkan untuk seorang yang sudah mengikuti pendidikan pramugari pun tidak semua bisa lolos.
Disini yang mau saya ambil contoh untuk perekrutan di maskapai Lion Air.
Nah dibawah ini adalah tahapan-tahapan perekrutan pramugari di Lion Air.

Tahap pertama

Pada tahap ini seperti pada umumnya tes pramugari yaitu cek tinggi badan dan berat badan, selain itu juga mengisi formulir yang disediakan panitia. Tidak lupa untuk menyertakan dan menyesuaikan dokumen yang dibutuhkan sesuai yang tertera pada website (background check). Background check Lion Air telah tergabung pada tahap pertama ini, hanya sebatas penyerahan dokumen tidak terpisah menjadi tahapan seleksi yang utama.

Performance Test

Karena tahap pertama tes tinggi badan dan berat badan menggunakan sistem gugur, maka selanjutnya setelah dinyatakan lulus peserta akan akan mengikuti tahap seleksi performance test. Tes ini secara umum sama dengan tes pramugari lainnya yaitu cek kondisi kulit mulai dari tangan, kaki, lutut serta lainnya untuk mengetahui apakah ada bekas luka yang parah atau tidak. Semuanya mengenai penampilan anda.

Tes wawancara

Tes wawancara di Lion Air tidak dilaksanakan dua kali, setelah dinyatakan lulus pada performance test maka selanjutnya adalah wawancara secara umum. Mulai dari pengetahuan mengenai maskapai, pramugari serta kepribadian. Interview User dan kompetensi digabung menjadi satu, di saat dinyatakan lulus maka langsung mengikuti tahap selanjutnya tanpa ada wawancara lagi. Tetap persiapkan sebelum tes wawancara tentunya dengan mempelajari Jebol Wawancara.

Psikotes dan Bahasa Inggris

Setelah dinyatakan lulus wawancara tahap seleksi selanjutnya adalah psikotes dan bahasa inggris. Tes tulis secara umum sesuai dengan standar untuk menjadi pramugari.

Medex (Medical Examination)

Tahapan seleksi di Lion Air tidak sebanyak tahapan seleksi di Garuda Indonesia. Tahap akhir untuk penentuan kelulusan adalah ada pada tes medex/tes kesehatan. Tidak terlalu banyak tes yang dilakukan pada tahap ini hanya sekitar fisik, tes darah dan spirometri, tidak perlu takut atau bimbang jika tidak memiliki penyakit yang serius. Karena ini merupakan tahap akhir maka persiapkan diri sebaik mungkin dan jalani beberapa tips sebelum memasuki tes kesehatan.


Oke sampai disini dulu semoga informasi tahapan perekrutan pramugari ini bisa bermanfaat untuk kita. Jadi yang masih punya keinginan kuat untuk menjadi pramugari ayo tetap semangat tingkatkan perfomance kalian.

Post a Comment Blogger

 
Top