apa sih aviation security itu?
Sebutannya emang keamanan tapi berbeda sama Satpam loh jadi jangan salah mengartikan kalo AVSEC ini pekerjaannya di lingkup bandara, bisa ikut dari pihak bandara sendiri atau ikut pihak maskapai penerbangan.
Terus apa saja pekerjaannya? nih berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan, Bab I butir 49 :
Keamanan Penerbangan adalah suatu keadaan yang memberikan perlindungan kepada penerbangan dari tindakan melawan hukum melalui keterpaduan pemanfaatan sumber daya manusia, fasilitas dan prosedur.
Wah udah mulai berat aja ini tulisan pakai undang-undang segala diikutkan, tapi ya memang begitu karena profesi AVSEC memang sangat penting ini menyngkut keamanan seluruh jalannya penerbangan.
Jadi bandara kan bisa dikatankan pintu gerbang dari dunia luar jadi harus benar-benar ketat soalnya yang datang ke bandara gak cuma orang-orang baik yang punya kepentingan baik juga dan menyangkut keamanan dalam negeri juga nah disinilah peranan AVSEC dibutuhkan untuk memeriksa setiap pengguna / pengunjung yang datang, dan barang-barang bawaannya.
Berat dong pekerjaannya? 
Yah semua pekerjaan pasti ada konsekuensi masing-masing tapi kalau dijalani dengan iklas dan senang pasti akan dimudahkan.
Terus kalau mau jadi AVSEC gimana caranya?
Jadi AVSEC harus punya lisensi khusus yang dikeluarkan dari tempat menempuh pendidikan dan juga dari Dinas Perhubungan.
Pendidikannya lama apa tidak ya?
Kalau mau jadi AVSEC yang gagah dan keren-keren itu gak lama kok waktu pendidikannya cukup 4 (empat) bulan saja jadi 2 bulan belajar di kampus dan 2 bulan OJT (On Job Training). 
Syaratnya apa saja?
Untuk syarat menjadi AVSEC yaitu:
  1.  Usia 18 - 27 tahun
  2. Tinggi minimal 160 cm (putri) dan 165 cm (putra)
  3. Lulus SMA/Sederajat/Diploma/S1
  4. Sehat Jasmani dan Rohani
  5. Tidak buta warna dan Hepatitis.
 Pendidikannya dimana ya? 
Nah ini yang penting, untuk memilih tempat pendidikan jangan sampai salah pilih. Di PSPP Penerbangan ada itu jurusan AVSEC bahkan lulusannya dibantu untuk segera mendapatkan pekerjaannya jadi setelah lulus tidak diterlantarkan begitu saja.

Udah tahu kan sekarang apa itu AVSEC, minat jadi AVSEC atau mau tanya-tanya lebih lanjut? bisa kok langsung SMS/WA ke nomor saya di 085766659635 atau add pin:AW4NPSPP.
Sip sampai disini dulu semoga hari-harinya menyenangkan. caooo...

Post a Comment Blogger

 
Top